I. Pilihan Ganda: Pilihlah salah satu jawaban
yang paling benar di antara A, B, C, D, atau E dengan memberi tanda silang (x)
pada lembar jawaban yang telah disediakan!
1. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
berasal dari kitab....
A.
Kitab Kertanegara
B.
Kita Negarakertagama
C.
Kitab Sutasoma
D.
Kitab Smaradahana
E.
Kitar Arjuna
2. Berikut ini
adalah pernyataan yang paling sesuai dengan asal usul semboyan "Bhinneka
Tunggal Ika" dalam konteks keberagaman di Indonesia, kecuali:
A.
Semboyan tersebut
berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap
satu"
B.
Asal usulnya dapat ditemukan dalam kitab Sutasoma karya Mpu
Tantular
C.
Kata "Bhinneka" mengacu pada keragaman budaya,
agama, dan suku bangsa di Indonesia
D.
Awalnya semboyan ini digunakan untuk mewakili semangat
persatuan dalam keragaman
E.
Asal usul semboyan ini tidak terkait dengan sejarah
keberagaman Indonesia
3. Konsep "Bhinneka Tunggal Ika" seringkali
dianggap sebagai...
A. Slogan politik
B. Ungkapan agama
C. Puisi klasik
D. Semboyan militer
E. Prinsip hukum
4. Asal usul semboyan ini tidak terkait dengan sejarah keberagaman
Indonesia
Mana yang merupakan makna utama dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika"?
A. Meskipun beragam, kita tetap
bersatu dalam satu identitas nasional
B. Kita harus menolak keberagaman
untuk memperkuat persatuan
C. Semua orang harus memiliki
kepercayaan dan budaya yang sama untuk mencapai kesatuan
D. Berbeda-beda adalah ancaman bagi
keutuhan negara
E. Hanya satu kelompok yang boleh ada
di dalam negara
5. Meskipun beragam, kita tetap
bersatu dalam satu identitas nasional.
Bhinneka Tunggal Ika dianggap
sebagai modal sosial pembangunan nasional karena:
A. Mempersatukan berbagai suku bangsa
di Indonesia
B. Membentuk negara yang homogen dan
seragam
C. Menjadikan semua masyarakat
memiliki budaya yang sama
D. Menghapus keberagaman untuk
mencapai kesatuan
6. Hanya berlaku untuk sebagian kecil Masyarakat
Mempersatukan berbagai suku bangsa di Indonesia Perwujudan ekonomi Pancasila
melalui prinsip gotong royong mengandung makna bahwa:
A. Setiap individu hanya peduli pada
kepentingan pribadi
B. Kekayaan harus hanya dimiliki oleh
segelintir orang
C. Semua orang bekerja sama untuk
mencapai kesejahteraan bersama
D. Semua orang hanya fokus pada
keuntungan pribadi tanpa memikirkan yang lain
E. Setiap individu bekerja sendiri
tanpa bantuan dari orang lain
7. Semua orang bekerja sama untuk
mencapai kesejahteraan bersama
Prinsip gotong royong dalam membangun harmoni dalam keberagaman mengandung
pesan bahwa:
A. Kita harus menolak keberagaman
untuk mencapai kesatuan
B. Hanya satu budaya yang boleh ada di
dalam negara
C. Setiap individu harus menjaga
keberagaman dengan cara mereka sendiri
D. Semua orang harus bekerja sama
tanpa memandang perbedaan
E. Kita harus menghindari interaksi
dengan orang-orang yang berbeda budaya
8.
Semua
orang harus bekerja sama tanpa memandang perbedaan. Apa yang dimaksud dengan
konsep "Bhinneka Tunggal Ika"?
A.
Keberagaman yang menyatu menjadi satu kesatuan
B.
Kesatuan yang terdiri dari berbagai keberagaman
C.
Persatuan tanpa keberagaman
D.
Kesatuan dalam keberagaman
E.
Keanekaragaman yang tidak perlu disatukan
9.
Salah satu arti penting memahami keberagaman bagi diri
sendiri adalah meningkatkan kreativitas. Pernyataan yang tepat sesuai hal
tersebut adalah…
A.
Persaingan bebas diperbolehkan dalam keberagaman
B.
Setiap orang berusaha meningkatkan kualitas diri untuk
menghadapi persaingan
C.
Keberagaman memicu persaingan bebas
D.
Dalam persaingan tidak ada istilah toleransi
E.
Adanya persaingan dapat memicu konflik berkepanjangan
10. Indonesia memiliki beragam
suku bangsa, tapi kita bebas tinggal di berbagai tempat di Indonesia. Berbagai
suku bangsa ini saling memahami dan menghargai berbagai perbedaan yang ada. Hal
ini membuktikan bahwa…
A.
Bangsa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau
suku bangsa
B.
Suku bangsa di Indonesia sangat terbuka menerima kedatangan
berbagai suku bangsa yang berbeda
C.
Suku bangsa di Indonesia semakin banyak jumlahnya
D.
Suku bangsa di Indonesia semakin beraneka ragam
E.
Indonesia tidak mengakui keberagaman suku bangsa
11. Apa yang dimaksud dengan prinsip gotong royong?
A. Saling menghargai dalam keberagaman
B. Saling membantu dan bekerja sama
C. Saling bersaing untuk kepentingan
pribadi
D. Saling menjatuhkan satu sama lain
E. Saling mengabaikan keberagaman
12. Salah satu dampak negatif
keberagaman adalah munculnya pandangan yang berpegnag teguh pada hal-hal yang
dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun
segala sesuatu yang ada di lingkungan pertamanya. Sikap ini disebut dengan…
A.
Chauvinisme
B.
Primordialisme
C.
Etnosentrisme
D.
Fanatisme
E.
Hedonisme
13. Keberagaman yang ada di
Indonesia sangat rentan menimbulkan konflik. Konflik antar kelompok atau
individu dapat menimbulkan dampak yang signifikan. Dampak tersebut meliputi…
A.
Kerugian ekonomi dan kehilangan nyawa
B.
Peningkatan kesadaran dan solidaritas sosial
C.
Pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi
D.
Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan
E.
Pengurangan konflik dan keharmonisan sosial
14. Koperasi merupakan badan dan
unit usaha yang ada dalam sistem ekonomi Pancasila dengan pencerminan demokrasi
ekonomi dibentuk dari, oleh, dan untuk anggota. Landasan konstitusional dari
koperasi merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan yaitu Pasal…
A.
33 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945
B.
33 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945
C.
33 ayat (3) UUD NRI Tahun 1945
D.
34 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945
E.
34 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945
15. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat pada lambang negara Garuda
Pancasila yang diatur dalam UUD NRI pasal....
A. Pasal 32
B. Pasal 35
C. Pasal 35A
D. Pasal 36
E. Pasal 36A
16. Prinsip gotong royong menjadi sendi dalam mebangun sistem ekonomi
Pancasila yang inklusif dan berkeadilan. Yang bukan merupakan prinsip gotong
royong adalah....
A. Semangat
tolong-menolong
B. Asas kekeluargaan
C. Mengupayakan keuntungan Bersama
D. Solidaritas social
E. Persaingan bebas
17. "Maka teranglah Tuan-tuan yang
terhormat, bahwa jika kita hendak mendirikan negara Indonesia yang sesuai
dengan keistimewaan sifat corak masyarakat Indonesia, maka negara kita harus
berdasar atas aliran pikiran (staatsidee) negara yang integralistik..."
Di atas adalah kutipan pidato menurut...
A. Mr. Soepomo
B. Ir. Soekarno
C. Dr. Mohammad Hatta
D. Ki Bagus Hadikusumo
E. Mr. Mohammad Yamin
18. Pembangunan ekonomi
diarahkan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, sebagai
bagian dari masyarakat, rakyat merupakan subjek dalam pembangunan yang berarti
…
A.
Tujuan yang hendak dicapai dalam setiap tahapan pembangunan
B.
Sarana yang dibutuhkan dalam proses pembangunan
C.
Sebagai bahan untuk menjalankan proses produksi
D.
Sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan perekonomian
E.
Aktor atau pelaku yang menentukan sifat atau corak
perekonomian
19. Bagaimana prinsip gotong royong dapat memperkuat
hubungan antarindividu dalam masyarakat?
A. Dengan meningkatkan persaingan yang
sehat
B. Dengan mengedepankan kepentingan
pribadi
C. Dengan memperlembut perbedaan
pendapat
D. Dengan saling membantu dan bekerja
sama
E. Dengan memperkeruh konflik internal
20. Apa yang dimaksud dengan prinsip gotong royong?
A. Saling menghargai dalam keberagaman
B. Saling membantu dan bekerja sama
C. Saling bersaing untuk kepentingan
pribadi
D. Saling menjatuhkan satu sama lain
E. Saling mengabaikan keberagaman
21. Kesimbangan antara hak dan
kewajiban seorang pekerja dan pengusaha harus dihormati bersama. Sikap yang
mencerminkan hal tersebut adalah....
A. Pemberian gaji sesuai dengan
kepatutan standar penggajian dan jaminan social
B. Kesediaan bekerja keras meskipun
melebihi batas waktu kerja normal
C. Sering mengeluh mengenai gaji
akibat perekonomian yang tidak stabil
D. Pemerintah membantu subsidi gaji
bagi pekerja tetap agar jumlahnya di atas rata-rata
E. Menginginkan pekerja agar beretos
kerja untuk mencapai target Perusahaan
22. Dalam system ekonomi Pancasila,
yang menjadi pelaku perekonomian untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan
adalah…
A. BUMN
B. Koperasi
C. Perorangan
D. Swasta
E. Perusahaan asing
23. Bagaimana prinsip gotong royong
dapat memperkuat hubungan antarindividu dalam masyarakat?
A. Dengan meningkatkan persaingan yang
sehat
B. Dengan mengedepankan kepentingan
pribadi
C. Dengan memperlembut perbedaan
pendapat
D. Dengan saling membantu dan bekerja
sama
E. Dengan memperkeruh konflik internal
24. Momentum yang merupakan konsensus
nasional yang merupakan konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa
yang resmi dan berdaulat adalah….
A. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus
1945
B. Sumpah Pemuda pada tanggal 28
Oktober 1928.
C. Sumpah Pemuda pada tanggal 30
Oktober 1928.
D. Penetapan Pancasila pada tanggal 17
Agustus 1945
E. Penetapan UUD NRI Tahun 1945 pada
tanggal 17 Agustus 1945
25. Alasan Bumi, air, dan kekayaan alam
yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara karena....
A. Menghindari permasalahan lingkungan
dan social
B. Pengalaman sebelum kemerdekaan yang
dikuasai bangsa lain
C. Untuk dipergunakan sebesar-besarnya
bagi kemakmuran rakyat
D. Belum ada perseorangan yang
dianggap mampu menguasai
E. Karena kita sepakat membentuk
negara yang berdaulat
II. Pilihan Ganda Komplek: Pilihlah Tiga
jawaban yang dianggap benar dengan memberi tanda silang (x) pada lembar jawaban
yang telah di sediakan!
26. Perhatikan pilihan berikut!
1) Kasih sayang
2) Mematuhi regulasi
3) Kemauan bekerja sama
4) Mengejar keuntungan saja
5) Pasrah dalam berusaha
Berdasarkan
pilihan di atas, perwujudan keadilan dalam bidang perekonomian tidak didasarkan
pada aspek legal formal saja, tetapi harus disertai dengan nilai-nilai yang
ditunjukkan pada ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
27. Sebagai identitas budaya bangsa
Indonesia, tradisi gotong royong sarat dengan nilai-nilai luhur. Berikut ini
nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tradisi gotong royong…
A. Menguatkan solidaritas sosial
B. Sikap kebersamaan
C. Menguatkan sikap intoleransi
D. Menghargai perbedaan
E. Menguatkan sikap individualisme
28. Beberapa lagu daerah Jawa Tengah
yang populer adalah …..
A.
Rek
ayo rek
B.
Cublak-cublak
Suweng
C.
Manuk
dadali
D.
Gundul-gundul
Pacul
E.
Padhang
Wulan
29. Keragaman budaya memiliki peran dan
fungsi penting dalam pembangunan nasional, di antaranya adalah….
A. Daya tarik wisata
B. Mengembangkan kebudayaan nasional
C. Hasil budaya yang dikembangkan
D. Mendorong inovasi kebudayaan
E. Memperkuat keuntungan nasional
30. Semangat Bhinneka Tunggal Ika di
lingkungan sekolah dapat diterapkan melalui tindakan .....
A. Tertib dalam berlalulintas
B. Peserta didik mau berteman tanpa
membeda-bedakan
C. Memberi kesempatan untuk beribadah
sesuai ajaran agamanya
D. Menghormati tradisi dari teman yang
berbeda suku
E. Bekerja sama dalam menyelesaiakan
masalah lingkungan sekitar
F. Menyumbang bencana alam yang terjadi di desa
lain
III. Menjodohkan: Jodohkanlah
soal (premis) di bawah ini dengan jawaban (respon) yang tepat di sebelah kanan!
Soal
(Premis) |
Jawaban
(Respon) |
31. Lagu daerah “Cublak cublak suweng” berasal dari daerah.. 32. Ras yang mendiami wilayah Indonesia bagian timur, terutama di Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.. 33.Kondisi ketika masyarakat memiliki perbedaan dalam berbagai aspek, seperti suku, agama, ras, budaya, dan bahasa… 34.Gotong royong termasuk pengamalan sila pancasila yang berbunyi.. 35. Paham atau praktik yang mementingkan suku bangsa sendiri.. |
A. Sukuisme B.
Jawa
tengah C. Persatuan Indonesia D. Sunda E.
Keberagaman F. Primordialisme G. Ras Melanesoid |
IV. Soal Uraian: Tulis jawaban
secara sistematis dan jelas pada lembar jawaban yang tersedia!
36. Semboyan negara Indonesia perlu di
maknai dengan benar. Jelaskan makna bhineka Tunggal ika!
37. Jelaskan peran pemuda dalam menjaga
dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di era globalisasi saat
ini!
38. Indonesia merupakan negara dengan
keberagaman budaya terbesar di dunia. Sebutkan 4 suku yang ada di Indonesia!
39. Jelaskan apa yang maksud dengan
disintegrasi bangsa?
40. Jelaskan yang dimaksud dari
pernyataan berikut “persatuan dalam keberagaman”!
KUNCI JAWABAN KELAS X
LATIHAN SOAL KELAS X ASTS
I.
PILIHAN GANDA |
|
II. PGK |
|
III. MENJODOHKAN |
|||||||||||
No |
|
No |
|
No |
|
|
No |
|
|
No |
|
|
|||
1 |
C |
11 |
B |
21 |
A |
|
26 |
A,B,C |
|
31 |
B |
|
|||
2 |
E |
12 |
B |
22 |
B |
|
27 |
A,B,D |
|
32 |
G |
|
|||
3 |
A |
13 |
A |
23 |
D |
|
28 |
B,D,E |
|
33 |
E |
|
|||
4 |
A |
14 |
A |
24 |
B |
|
29 |
A,B,D |
|
34 |
C |
|
|||
5 |
A |
15 |
E |
25 |
C |
|
30 |
B,C,D |
|
35 |
A |
|
|||
6 |
C |
16 |
E |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7 |
D |
17 |
C |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
8 |
D |
18 |
E |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
9 |
B |
19 |
D |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
10 |
B |
20 |
B |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar