MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PPKn
MGMP PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
KKMA 02 KABUPATEN JEPARA
Hal ; PEMBRITAHUAN
Kepada Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran PKN dapat men-downlod pemetaan materi kurikulum 2006 semester gasal dan genap sebagai acuan dalam mengajar maupun dalam penyusunan soal MID dan SEMESTER....download clik kata gasal dan genap Kelas X--gasal--genap -- Kelas XI--gasal--genap-- dan Kelas XII gasal--genap
keterangan ; pemetaan materi tersebut sesuai dengan silabus dan dapat di tambah atau kurangi saat penyusunan soal, jadi setiap MID atau SEMESTER lingkup materi pada pemetaan tersebut dapat berubah sesuai dengan soal yang dibuat...lihat pemetaan materi semester gasal 1516 dibawah ini.
terimakasih
ttd
sekretaris MGMP
INDIKATOR MATERI
MATA
PELAJARAN PPKN KELAS X KURIKULUM 2006
SEMESTER
SATU/GASAL
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Lingkup Materi/Contoh Pertanyaan
|
1
|
1.1 Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
· Mendeskripsikan
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
· Menganalisis pengertian bangsa
· Menganalisis unsur-unsur
terbentuknya Negara
|
Bangsa dan negara
· Hakikat manusia
sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
·
Hakikat bangsa dalam arti politik
·
Unsur-unsur terbentuknya
negara
-
Rakyat
-
Wilayah..laut territorial, ZEE
-
Pemerintah yang berdaulat
-
Pengakuan dari negara lain
|
1.2 Mendeskripsikan
hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
|
· Menganalisis pengertian Negara
· Mendeskripsikan asal mula terjdinya negara
· Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
· Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan
|
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
·
Hakikat negara - kekuasaan negara
·
Asal mula terjadinya Negara – teori
ketuahanan/hokum alam
·
Bentuk - bentuk kenegaraan – protektorat, uni,
koloni, perwalian
|
|
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
|
·
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
·
Membandingkan berbagai teori tujuan Negara
·
Mendeskripsikan tujuan
Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
· Pengertian NKRI
sesuai dengan UU yang berlaku - pasal 1 ayat 1 UUD
· Tujuan NKRI yang
terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
|
1.4 Menunjukkan
semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
·
Menunjukkan contoh
perilaku yang sesuai dengan
semangat kebangsaan
·
Mendeskripsi macam- macam nasionalisme
·
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
|
· Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
-
Makna nasio-nalisme
-
Makna patriotisme
· Tata cara
penerapan patriotisme dalam kehidupan pahami contoh -
contoh
· Fungsi negara
montesqueu, pahami sistem sentralisi dan desentralisasi
|
|
2
|
2.1 Mendeskripsikan
pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
|
·
Mendeskripsikan pengertian hukum
·
Menentukan
macam-macam penggolongan Hukum
·
Mendeskripsikan
pengertian dan dasar hukum lembaga
peradilan nasional
|
Sistem hukum dan lembaga peradilan
·
Pengertian hukum – pahami tujuan hukum, unsur2 hukum
·
Tata hukum Indonesia – tata urutan hukum indonesia
·
Penggolongan hukum – berdasar
isinya dipahami
·
Sumber hukum - hukum publik, hk material
·
Lembaga- lembaga
peradilan
|
2.2 Menganalisis
peranan lembaga-lembaga peradilan
|
·
Menguraikan perangkat
lembaga peradilan
·
Menganalisis
macam-macam lembaga
peradilan
·
Menganalisis peranan lembaga peradilan
|
Lembaga Peradilan
·
Perangkat atau alat kelengkapan lembaga
peradilan
·
Klasifikasi lembaga peradilan
·
Tingkatan lembaga peradilan
|
|
2.3 Menunjukkan sikap
yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
|
·
Menunjukkan contoh
sikap taat terhadap hukum
·
Menganalisis macam-macam perbuatan
yang bertentang dengan hukum
·
Menganalisis
macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku
|
Sikap yang sesuai dengan hukum
· Perbuatan-2 yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
· Contoh perbuatan yg melanggar hukum beserta sanksinya
|
|
2.4 Menganalisis upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
·
Menganalisis macam-macam perbuatan yang
berkategori korupsi
·
Menunjukkan contoh
macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
Pemberantasan korupsi
·
Dasar hukum pemberantas korupsi – UU korupsi
– hari anti korupsi sedunia
·
Klasifikasi perbuatan korupsi
·
Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
|
2.5 Menampilkan peran
serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
|
·
Menunjukkan contoh
sikap anti korupsi
·
Menganalisis macam-macam
perbuatan anti korupsi
·
Manampilkan sikap anti
korupsi
|
Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi
di Indonesia
·
Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi - pahami LSM dan lembaga
anti korupsi
·
Contoh peran serta
masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
·
Sikap diri anti korupsi
|
|
3
|
3.1 Menganalisis upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
|
·
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
yang dilakukan pemerintah
·
Menentukan instumen
HAM nasional
·
Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
yg dilakukan oleh indivdu dan masyarakat
|
pemjuan, pghormtn, dan
pngakan HAM
· Pengertian dan
macam- macam HAM – hak asasi pendidikan, hak asas pribadi
· Upaya pemerintah
dalam menegakan HAM – pahami deklarasi of human
ringh 10 desember 1948 – pahami hak yang diatur dalam pasal 27 DAN 28 UUD
· dasar hukum yang mengatur HAM – UU HAM
· Peran masyarakat
dlm menegakan HAM
|
3.2 Menampilkan peran
serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
·
Menguraikan
proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM
·
Mengilustrasikan
berbagai kasus pelanggaran HAM
·
Menyimpulkan contoh perilaku yang
dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
· Proses
pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
· Pelanggaran
HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM –
pahami LSM ham –kontras dll
·
contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM di Indonesia
|
|
3.3 Mendeskripsikan
instrumen hukum dan peradilan internasional
HAM
|
·
Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
·
Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
·
Mendeskripsikan
peradilan HAM internasional
|
instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
· Instrumen HAM Internasional
· Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional –
kejahatan berat genosida
· Pahami
Contoh2 pelanggaran HAM di Indonesia dan dunia
|
INDIKATOR MATERI
MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI KURIKULUM 2006
SEMESTER SATU/GASAL
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Lingkup Materi/Contoh Pertanyaan
|
1
|
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik
|
·
Pengertian budaya politik
·
Komponen budaya politik menurut Almond dan Powell
·
Faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya (Pendidikan,Budaya
)
·
Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat
|
Budaya Politik
Pengertian budaya politik
Secara etimologi
|
1.2 Menganalisis
tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
|
·
Tipe-tipe budaya politik Parokial,Subjek,dan Partisipatif
·
Mendeskripsikan tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
Indonesia menurut para ahli
·
Menyimpulkan dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan
perkembangan sistem politik yang berlaku
|
Tipe-tipe budaya politik
Pahami lagi budaya Parokial, kaula, patisipan
|
|
1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
|
·
Mendeskripsikan makna sosialisasi kesadaran politik mengidentifikasikan
fungsi partai politik
·
Menguraikan mekanisme sosialisasi budaya politik
|
Sosialisasi budaya politik
Maksud dari lobbying
|
|
1.4
Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
|
·
Memberikan contoh budaya politik parokial, kaula dan partisipan
usahakan contoh yang sedang terjadi/update
·
Menunjukkan budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
·
Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara
·
Menunjukkan contoh budaya politik partisipasi siswa di sekolah
|
budaya politik partisipan
o Bentuk- bentuk budaya politik
partisipan
o Contoh perilaku berperan
aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
|
|
2
|
2.1 Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip
budaya demokrasi
|
·
Menjelaskan perbedaan antara demokrasi leberal, komunis dan demokrasi
Pancasila
·
Mendeskripsikan prinsip- prinsip demokrasi
·
Menjelaskan makna budaya demokrasi
·
Menjelaskan tentang prinsip budaya politik
|
pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Unsur-unsur budaya politik ‘’Bambang suteng’
|
2.2 Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
|
·
Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
·
Mengidentifikasikan ciri- ciri masyarakat madani
·
Menjelaskan proses menuju masyarakat
madani ala Indonesia
·
Menguraikan kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan
masyarakat madani
·
Menjelaskan upaya mengatasi kendala yang
dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani ala Indonesia
|
Masyarakat madani
o
Pengertian
masyarakat madani (civil society), Ciri-ciri masyarakat madani, Proses menuju masyarakat madani ala Indonesia
o undang-undang tentang
HAM UU No. 39 Tahun 1999
|
|
2.3 Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia
sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
|
·
Menguraikan prinsip demokrasi
Pancasila
·
Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa
orla,orba dan orde reformasi
·
Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla, orba maupun orde
reformasi
·
Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
·
Mendemostrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya
|
Demokrasi di Indonesia
o Prinsip- prinsip demokrasi
Pancasila
o Pelaksanaan demokrasi di
Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
o Pemilihan Umum
(Pemilu)
- Pengertian
Pemilu
- tujuan pemilu
- Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilihan umum,
pahami pemilu pd masa orde baru sebnayak 6 kali
- Pada masa pemerintahan
B.J. Habibie telah dilakukan
pemilu pada 7 Juni 1999
-
- Pahami menurut Pamuji ttg demokrasi pancasila
- ciri-ciri pemilu
demokrasi menurut Austin Ranney
|
|
2.4 Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
·
Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
|
o
Perilaku yang
mendukung terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi
o Pemerintahan pada masa orde baru dimulai 11 maret 1966 – 21 Mei 1998
o dikeluarkanya Dekrit
Presiden 5 Juli 1959 berarti menjadi demokrasi terpimpin
|
|
3
|
3.1 Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan
dan keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
|
·
Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
·
Mengidentifikasikan macam-macam keadilan
·
Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
·
Mengidentifikasikan /menyebutkan ciri-ciri keterbukaan
·
Memberikan contoh penyelenggaran pemerintahan yang transparan
|
Keterbukaan dan keadilan
o Pengertian keterbukaan dan
keadilan
o
Macam-macam
keadilan, vindiktif
o
Pahami Masyarakat Transparasi Indonesia ( MTI) prinsip-prinsip good
governance
|
3.2 Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang
tidak transpara
|
·
Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
·
Mengidentifikasikan faktor penyebab terjadinya penyelenggaraan
pemerintahan yang tidak transparan
·
Menyimpulkan / contoh dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
|
Penyelenggaraan pemerintahan
yang tidak transparan
o Penyelenggaraan pemerintahan
yang tidak transparan- korupsi politik dan paling buruk adalah korupsi
–pemerintahan otoritriter
o Dampak penyelenggaraan
pemerintahan yang tidak transparan- pahami asas keterbukaan
|
|
3.3 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
·
Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
·
Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah,
dan masyarakat
·
Memberikan contoh/penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Sikap keterbukaan dan
keadilan
o Bentuk sikap yang
mencerminkan keterbukaan dan keadilan
o sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
INDIKATOR MATERI
MATA PELAJARAN
PPKN KELAS XII KURIKULUM 2006
SEMESTER
SATU/GASAL
No SK
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Lingkup Materi/Contoh Pertanyaan
|
1
|
1.1
Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
·
Mengemukakan rumusan
Pancasila sebagai dasar negara
·
Menguraikan fungsi Pancasila
·
Mengemukakan makna Pancasila
sebagai dasar negara
·
Membedakan ideologi terbuka
dan ideologi tertutup
·
Mendeskripsikan makna
Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
Pancasila
sebagai ideologi terbuka
·
Pengertian idiologi
·
Rumusan pancasila- sidang BPUPKI 1 dan 2, Majapahit
telah digunakan oleh Empu Prapanca, pengesahan pancasila sbg dsar Negara,
panitia sembilan
·
Fungsi Pancasila
·
Pancasila sebagai
dasar negara
· INPRES No 12/1968 menegaskan tetang sistematika pancasila
· Pahami idiologi tertutup dan terbuka - ciri ajaran komunisme
|
1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
dan paradigma pembangunan
|
· Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai.
· Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
|
Nilai-nilai
Pancasila
·
Pancasila sebagai sumber
nilai
Pengertian nilai – dimensi flesibilitas, realitas,
pahami nilai intrumental nilai praksis
· Pancasila
sebagai paradigma
pembangunan - pengertian dan pahami
emansipasi bangsa
|
|
1.3
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
·
Menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai
Pancasila
·
Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan
Pancasila sebagai ideologi terbuka.
|
·
Perilaku yang
sesuai nilai- nilai Pancasila
·
Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka
|
|
2
|
2.1 Menganalisis sistem pemerintahan
di berbagai negara
|
· Mengklasifikasikan sistem pemerintahan
Presidensial
dan Parlementer di berbagai Negara
· Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan
Presidensial dan Parlementer
·
Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
|
Sistem pemerintahan – pahami pengretian sistem-pahami bentuk2
pemeritahan/bentuk negara – pahami pasal 1ayat 1 UUD1945
· Sistem
pemerintah-an Presidensial dan Parlementer – induk system pemerintahan
parlementer presidenseial—negara2 penganut system tersebut
·
Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan Presidensial.
|
2.2
Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
|
·
Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
· Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
|
sistem pemerintahan Negara
Indonesia
·
System pemerintahan
menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
Lembaga yang
memegang kekuasaan Legislatif pada masa berlakunya Konstitusi RIS 1949
·
Sistem pemerintahan
menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan— pahami sistem chek and banlace –
pahami Maklumat Pemerintah tanggal 14 Nopember 1945,
·
Pengawasan terhadap
pelaksanaan pemerintahan agar tercipta good
governance dapat dilaksanakan oleh seluruh wargannegara Indonesia baik
sebagai individu maupun LSM/organisasi
|
|
2.3
Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
|
·
Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
·
membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain
|
Pelaksanaan
sistem pemerintahan Indonesia
·
Kelebihan sistem pemerintahan
Indonesia – pahami sistem sentralisasi dan desentralisasi - dalam sistem presidensial presiden
berkewajiban menyusun kabinet dengan
hak preogratif – pahami hak DPR-isiatif, baget dll
·
Kekurangan sistem pemerintahan Indonesia
·
Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain- pahami
otonomi daerah
·
Pelaksanaan system check and balances di Indonesia,
Presiden mempunyai wewenang mencalonkan 3 hakim Konstitusi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar